Jumat, 19 April 2024
  • (0473) 21001
  • info@luwuutarakab.go.id

Pengibaran bendera merah putih di pelosok negeri kec. Rampi

Pengibaran bendera merah putih di pelosok negeri kec. Rampi Para paskibraka kec. Rampi siap mengibarkan bendera merah putih

Rampi,  17/08/2017.--- Semarak peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan ke 72 Republik Indonesia tahun 2017, dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan, baik oleh kelompok masyarakat, maupun pemerintah di kota, hingga ke Pelosok Nusantara.

Kecamatan Rampi salah satu kecamatan terpencil di Kab. Luwu Utara, tidak ketinggalan dalam mementum HUT RI setiap tahunnya, itu dapat dilihat dari berbagai macam kegiatan pertandingan Olahraga dan Kesenian yang dilaksanakan mulai sejak tanggal 10-17/08/2017. 

Puncak peringatan ditandai dengan pelaksanaan Upacara Bendera yang di pusatkan di Desa Tedeboe. Sesuai kesepakatan para kepala Desa dan panitia HUT RI tingkat kecamatan Rampi, ditetapkan pelaksanaan Upacara dalam rangka HUT RI dilaksanakan secara bergiliran di setiap desa se Kec. Rampi. Kepala Seksi Pemerintahan Yan Imbo,  S.Pd, selaku inspektur Upacara di Desa Tedeboe, sementara Camat Rampi Yansen Tempo. SE bertidak Irup pada upacara yang dilaksanakan di halaman SMPN 1 Rampi. 

Ir. Pilosofis Rusli anggota DPRD Luwu Utara yang hadir membacakan naskah Proklamasi kagum dan bangga terhadap antusias dan semangat masyarakat rampi dalam merayakan HUT RI ke 72. "saya kagum dan bangga terhadap nasionalisme mereka, karena dengan segala.  keterbatasan yang mereka miliki,  bisa melakukan berbagai kegiatan olahraga dan kesenian dalam menyemarakkan HUT RI di Kecamatan Rampi yang masih terisolir ini" ungkap senator PDIP.

Senada dengan yang diungkapkan oleh salah satu tokoh masyarakat Desa Tedeboe Hendra Mengungkapkan bahwa,  rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah salah satu bentuk mengenang jasa para pahlawan. "dengan segala keterbatasan,  kami tetap melakukan kegiatan Porseni selama 1 (satu)  minggu dan puncaknya kami melakukan Upacara pengibaran bendera merah putih.  Semua itu semata-mata kami lakukan sebagai bentuk penghargaan kami, kepada para arwah para pahlawan dan juga sebagai wujud Nasionalisme dan cinta tanah air" ungkapnya. 

Diungkapkan juga bahwa pagi sebelum pelaksanaan upacara dilapangan Porokiu desa tedeboe, diawali dengan Ibadah di gereja mendoakan dan mengenang jasa para pahlawan dan juga mendoakan kondisi stabilitas NKRI sementara sebahagian panitia lainnya melakukan persiapan dilapangan, ujarnya. 

Seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tidak lepas dari dukungan pemerintah Kecamatan maupun Kabupaten bahkan dan unsur pengamanan.  "kami atas nama masyarakat rampi mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan Pemda Luwu Utara,  secara khusus Bapak Ir.  philosofis Rusli Anggota DPRD Luwu Utara yang telah meluangkan waktu untuk hadir upacara bersama kami, sekaligus membacakan naskah proklamasi, juga kepada Unsur TNI dan Polri yang telah menatih Paskibra dan juga melakukan pengamanan selama kegiatan berlangsung, serta terima kasih yang sama kepada semua pihak yang telah membantu mengsukseskan seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan" ungkap Yansen Tempo camat Rampi.